Bismillahirrohmaanirrohiim

Bermula dari kajian ibu-ibu muslimah Al Irsyad di kota Cilacap. Ketika itu ada salah satu pengurus panitia kajian yang ingin menghafal Al-Qur’an dengan cara yang paling mudah, bagi mereka yang sudah mulai lanjut usia.
Kami memotivasi mereka dengan banyaknya keutamaan Al-Qur’an dan kami arahkan ibu ibu kajian agar menghafal dari bagian yang paling ringan dan mudah yaitu per baris. Karena jika patokan menghafal per ayat, maka akan didapati kesulitan karena ada ayat yang sangat pendek dan ada pula ayat yang sangat panjang. Maka kami tekankan ibu ibu kajian untuk menghafal dengan per baris.
Mereka antusias dengan ide kami. Lalu mereka pun sepakat akan mulai menghafal. Mereka pun membentuk grup whatsapp yang kemudia diberi nama ODOS. Kami bingung dan bertanya, kenapa namanya ODOS? Kata mereka karena ustadz sudah menyampaikan bahwa kami agar menghafal perbaris. ODOS itu Singkatan dari ONE DAY ONE SHAF, kata ibu salah satu peserta kajian yang memiliki ide tersebut.
Kami sangat bergembira dan melihat ini ide bagus. Lalu kami support mereka untuk mulai menghafal di grup whatsapp (ODOS) yang mereka buat. Dan kami dapati banyak kemajuan dan perkembangan, karena ternyata mereka bisa istiqomah menghafal satu hari satu baris. Tanpa terasa hafalan mereka pun terus bertambah tanpa merasakan adanya beban. Batasan per baris membuat ibu ibu kajian merasa ringan dan mudah. Bahkan ada salah satu peserta kajian yang usianya sudah 60an tahun mampu menghafal beberapa halaman dengan program satu hari satu bari / one day one shaf ini.
Sejak itu, kami tertarik untuk mengembangkan ke seluruh indonesia. Kami mulai membuat grup yang kami share linknya ke semua grup yang kami miliki, dan mulailah masuk peserta dari berbagai kota di seluruh wilayah Indonesia. Kami terus kembangkan hingga sampai ke luar negeri (hongkong, taiwan, jepang, singapura, malaysia, amerika).
Dan per tanggal 18 Maret 2018 bertepatan dengan tanggal 1 Rajab 1439 H, kami resmi membuka ODOS INDONESIA. Dengan jumlah member pertama lebih dari 1000 orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Kami mulai mengajak teman teman untuk menjadi bagian tim ini. Hingga akhirnya karena kebutuhan legalitas dan rekening resmi untuk pengembangan, maka kami memutuskan untuk membentuk yayasan yang kami beri nama Yayasan one Day One Shaf Indonesia.
Alhamdulillah atas bantuan dan sambutan dari ibu Hj. Naimah, SH. Kami dibantu dibuatkan akta notaris yayasan. Dan alhamdulillah per tanggal 3 Juli 2018 Yayasan ONE DAY ONE SHAF INDONESIA resmi berdiri dengan nomor akta notaris : AHU-0008620.AH.01.04.2018
Semoga yayasan ini terus berkibar di seluruh Indonesia untuk turut andil dalam gerakan Indonesia menghafal. Mewujudkan cita-cita “Mendekatkan hati dengan Al-Qur’an, membangun Indonesia bersama Al-Qur’an.”
Berikut ini Scan Pengesahan Pendirian Yayasan ODOS Indonesia :